Macam-Macam Cara Masak Ikan Tongkol yang Bikin Lidah Bergoyang

Ada banyak jenis ikan yang biasa dikonsumsi orang Indonesia, salah satunya adalah ikan tongkol. Ikan ini begitu populer karena memiliki rasa yang enak, mudah dimakan karena durinya sedikit, dan dagingnya yang padat selain itu masak ikan tongkol juga mudah.

Kandungan gizinya yang tinggi juga sering kali membuat ikan tongkol dijadikan campuran makanan si kecil. Selain itu, ikan tongkol juga bisa diolah dengan berbagai macam cara, sehingga menciptakan banyak cara masak ikan tongkol dengan resep-resep menggugah selera.

Ikan tongkol mudah ditemukan di pasar hingga supermarket. Jika kamu ingin mencoba mengolahnya ke berbagai resep yang mudah, mari lihat beberapa resep berikut ini. Cobalah resep yang menurutmu paling menarik dan gampang dicoba sendiri.

Aneka Resep Ikan Tongkol yang Nikmat dan Mudah Dibuat

1. Tongkol Bumbu Kuning

Cara Tongkol Bumbu Kuning lezat

Ikan tongkol bumbu kuning ini sangat nikmat jika dimakan bersama nasi hangat, cocok untuk makan siang maupun makan malam bersama keluarga. Bumbunya sangat sederhana, kamu cukup menyiapkan beberapa bahan seperti: ikan tongkol yang sudah dibersihkan, cabai merah, cabe rawit, kunyit, jahe, kemiri, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, daun salam, perasan jeruk nipis, sedikit penyedap, dan air. Jangan lupa gula dan garam agar rasanya semakin menggugah.

Cara membuatnya pun mudah. Pertama, siapkan bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, dan jahe, lalu tumbuk atau blender hingga halus. Setelah itu, bumbu halus tersebut ditumis sampai harum.

Ketika bumbu sudah harum, masukkan irisan cabai merah dan cabai rawit, tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas. Aduk kembali sampai merata. Jika bumbu sudah terlihat matang, masukkan ikan tongkol, aduk kembali. Kemudian beri perasan jeruk nipis dan potongan tomat.

Baru kemudian ditambahkan air dan tunggu sampai mendidih. Tambahkan garam, gula, dan bumbu penyedap secukupnya. Icipi apakah rasanya sudah pas, lalu tunggu hingga ikan tongkolnya matang. Jika sudah matang semua, matikan kompor dan tuang ke dalam mangkuk untuk disajikan.

2. Pampis Tongkol Khas Manado

Resep Mudah buat Pampis Tongkol Khas Manado

Salah satu makanan khas Manado, yaitu pampis tongkol bisa menjadi salah satu menu nikmat yang dapat kamu sajikan di meja makan keluarga. Cara pembuatannya mudah, dan bumbu-bumbunya pun sederhana.

Bumbu yang kamu butuhkan adalah: ikan tongkol segar, cabai rawit, bawang putih, daun jeruk, kunyit, jahe, serai, garam, jeruk nipis, sedikit penyedap, dan minyak sayur untuk menggoreng. Cabai rawit yang dimasukkan bisa dalam takaran yang banyak atau sedikit sesuai selera.

Cara masaknya pun mudah. Pertama, ikan tongkol yang sudah dibersihkan dikukus dengan dilumuri perasan jeruk nipis. Kamu bisa menambahkan sedikit penyedap rasa jika memang suka, tapi ini opsional. Sambil menunggu ikan kukusan matang, haluskan bumbu seperti bawang putih, cabai, kunyit, jahe, dan beri garam secukupnya.

Setelah ikan tongkol di kukusan matang, angkat dan suwir-suwir kecil. Kemudian siapkan wajan yang sedikit minyak sayur, lalu tumis bumbu halus yang sudah dibuat. Tumis hingga wangi, dan masukkan batang serai serta daun jeruk.

Langkah terakhir, masukkan ikan tongkol yang sudah disuwir tadi ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur merata dan masak sampai matang. Setelah itu hidangkan.

3. Gulai Aceh Ikan Tongkol

Cara masak Gulai Aceh Ikan Tongkol

Cara masak ikan tongkol yang ke tiga adalah dengan mengolahnya menjadi gulai. Namun, bukan gulai biasa karena kita akan memasak gulai Aceh ikan tongkol yang pasti menggugah selera.

Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, yaitu ikan tongkol segar yang dicuci bersih, bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, ketumbar, garam, dan asam sunti. Asam sunti sendiri merupakan belimbing wuluh yang difermentasi, sehingga menghasilkan rasa yang khas dan unik. Siapkan juga bumbu tambahan, antara lain yaitu daun kari, lengkuas, cabai hijau, dan serai.

Cara memasaknya sangat mudah dan sederhana. Pertama, haluskan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar, asam sunti, dan beri sedikit garam. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis, lalu masukkan ikan tongkol dan aduk sampai merata. Setelah itu masukkan daun kari, lengkuas yang digeprek, serai yang dimemarkan, dan potongan besar cabai hijau. Aduk kembali dan tambahkan sedikit air sehingga menjadi kuah. Masak sampai matang, dan sajikan.

4. Asam Padeh Ikan Tongkol Khas Minang

Asam Padeh Ikan Tongkol Khas Minang

Satu lagi resep ikan tongkol yang dapat kamu coba yaitu mengolahnya menjadi asam padeh yang nikmat khas Minang.

Haluskan bumbu-bumbu yang berupa bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan rempah lainnya. Lalu tumis bumbu tersebut sampai tercium aromanya. Tambahkan asam kandis, belimbing wuluh, serai yang dimemarkan, daun jeruk, dan daun kunyit.

Setelah itu, masukkan air secukupnya beserta ikan tongkol dan irisan belimbing wuluh. Tunggu sampai ikan matang dan air menjadi sedikit mengental. Jika sudah, sajikan dengan nasi hangat supaya makin nikmat.

Selain dari 4 cara masak ikan tongkol yang dijabarkan di atas, kamu bisa bereksperimen sendiri dengan ikan yang kaya gizi ini. Perlu diketahui jika kandungan ikan tongkol cukup lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizimu sehari-hari. Ikan tongkol mengandung kalori yang cukup tinggi, lemak, protein, vitamin A, C, kalsium, kolesterol, dan bahkan zat besi.

Ikan ini cocok dikonsumsi anak-anak karena proteinnya cukup tinggi, sekitar 39 gram protein dalam 150 gram ikan tongkol. Tidak hanya itu, ikan tongkol juga memiliki nutrisi yang baik untuk perkembangan otak seperti asam omega 3 serta niacin.

Selain rasanya enak, ikan tongkol ternyata banyak mengandung nilai gizi. Mulai sekarang, jangan khawatir lagi untuk mengolah ikan tongkol sebagai menu sehari hari di rumah.

Leave a Reply