Aneka Cara Masak Sayur Asam yang Mudah dan Bergizi

Indonesia memiliki banyak sekali olahan sayur, tetapi dari sekian olahan tersebut, sayur asam adalah yang paling populer. Tiap tempat selalu memiliki sayur asam khas mereka sendiri dengan cita rasa yang disesuaikan dengan lidah masing-masing. Hal ini karena cara masak sayur asam cenderung lebih mudah dibanding sayur lainnya, rasanya nikmat dan segar, serta dapat menggunakan berbagai macam bahan yang ada di rumah.

Di Pulau Jawa saja, sayur asam tiap daerah sudah berbeda bahannya. Mulai dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta dan sekitarnya, pasti memiliki rasa yang unik-unik. Ada yang asam manis, asam asin, dan lain-lain. Apabila kamu ingin mencoba berbagai resep sayur asam, mari simak ulasan berikut ini.

Beberapa Resep Sayur Asam yang Segar dan Maknyus

1. Sayur Asam Betawi

Resep masakan sayur asam betawi

Apabila kamu suka sayur asam dengan rasa yang melimpah, masak sayur asam Betawi bisa menjadi pilihan. Cara membuatnya seperti sayur asam pada umumnya, tapi tentu saja ada beberapa bumbu dan bahan yang membuat sayur asam ini khas.

Untuk membuat sayur asam Betawi, siapkan bahan-bahan seperti daun melinjo, nangka muda, kacang tanah berkulit, buah melinjo, terong, kacang panjang, labu siam atau jika tidak ada bisa diganti pepaya muda, jagung manis, jengkol jika ada, oncom jika ada, asam jawa muda, daun salam, laos, dan air.

Sebelumnya, haluskan dulu cabai rawit, bawang merah, dan garam. Jangan lupa cuci bahan lainnya dan potong-potong sayurannya. Setelah itu siapkan air dalam panci dan tunggu sampai mendidih. Lalu masukkan bumbu halus, kemudian geprek laos dan masukkan, baru tambahkan daun salam. Jangan lupa masukkan asam jawa dan jengkol, aduk-aduk. Tunggu sekitar satu menit, angkat asam jawa dan hancurkan lalu masukkan lagi ke dalam panci. Masukkan semua sayuran yang disiapkan, beri garam dan gula secukupnya. Tambahkan oncom dan tunggu hingga matang.

2. Sayur Asam Sunda

Masak sayur asam khas sunda

Sayur asam Sunda juga memiliki ciri khasnya sendiri, terutama dengan bumbunya yang lengkap dan bahkan menggunakan kaldu daging sebagai kuahnya. Meskipun begitu, cara masak sayur asam khas Sunda ini tetap sederhana dan bisa langsung dicoba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah kacang panjang, jagung manis, labu siam, buah melinjo, daun melinjo muda, kacang tanah, cabai hijau besar, lengkuas, daun salam, air asam, gula merah, dan air. Jangan lupa, siapkan tetelan sapi supaya kuah sayur jadi lebih kaya rasa. Sebelum itu, siapkan dulu bumbu uleknya, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi bakar, kemiri, dan garam.

Sebelum memulai, bersihkan bahan-bahan isian dan potong sesuai selera. Sambil menyiapkan, siapkan air dan rebus tetelan daging sapi hingga air mendidih. Jika air sudah mendidih, masukkan isian sayur satu persatu, diawali dari yang paling lama memasaknya yaitu melinjo, lalu jagung, dan baru kacang tanah. Setelah itu, masukkan bumbu ulekan dan masukkan lengkuas yang digeprek, daun salam, dan cabai hijau.

Jangan lupa masukkan bumbu seperti garam, gula merah, dan air asam jawa. Aduk, dan masukkan sisa sayuran. Tunggu sampai matang sambil diaduk sesekali. Jika sudah matang, sajikan selagi panas.

3. Sayur Asam Jawa

Sayur asam yang satu ini biasanya paling populer karena mudah dibuat dan bahannya lebih sederhana. Bahan-bahan yang perlu disiapkan hanya, daun melinjo, tauge, jagung manis, kacang panjang, timun krai dan jika tidak ada bisa diganti labu siap atau terong, belimbing wuluh atau tomat, air asam jawa, lengkuas, dan air. Siapkan juga bumbu halusnya, yaitu bawang merah, gula pasir, dan garam.

Cara membuatnya sangat mudah dan cepat. Sebelum memulai, potong-potong sayuran yang akan digunakan sebagai isian. Kemudian panaskan air dan tunggu mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan bumbu halus dan aduk. Kemudian masukkan jagung terlebih dulu karena proses matangnya lebih lama.

Jika jagung sudah terlihat setengah matang, tambahkan air asam dan masukkan garam dan gula sesuai selera. Baru kemudian masukkan semua sayuran hingga matang. Jangan lupa supaya lebih sedap, masukkan belimbing wuluh yang sudah dipotong, dan masak sampai benar-benar matang. Hidangkan selagi hangat.

4. Sayur Asam Kangkung

masak sayur asam kangkung mudah

Resep terakhir adalah masak sayur asam kangkung, yang mudah dengan bahan sangat sederhana. Yang kamu butuhkan hanya kangkung yang dibersihkan dan dipotong sesuai selera, kacang merah, tomat, dan air.

Seperti biasa, harus ada bumbu uleknya, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah besar, dan terasi yang sudah matang. Siapkan juga lengkuas yang dimemarkan, daun salam, air asam, garam, dan gula.

Untuk membuatnya, pertama rebus dulu kacang merah sampai empuk. Setelah itu haluskan bumbu sambil mendidihkan air di dalam panci. Jika air panci mendidih, masukkan bumbu halus, aduk dan tambahkan daun salam, lengkuas, garam, gula, dan air asam. Baru setelah itu masukkan kangkung, tomat, dan kacang merah.

Sayur asam selain enak dan segar juga memiliki kandungan gizi yang tinggi karena sayuran yang digunakan bahkan bisa bervariasi sesuai selera. Misalnya seperti jagung yang mengandung karbohidrat, kangkung yang baik untuk kesehatan mata, tomat yang tinggi vitamin C. Selain itu, ada pula kacang panjang yang sering digunakan sebagai isian sayur asam, yang memiliki nilai gizi tinggi seperti kalsium, zat besi, mangan, kalium, fosfor, serta natrium. Bisa dibilang, konsumsi sayur asam sangat memenuhi kebutuhan gizimu, terutama serat yang dapat melancarkan pencernaan.

Sayur asam di Indonesia pun memiliki banyak variasi, sehingga kamu bisa membuat sayur asam dengan rasa yang berbeda-beda sesuai selera. Jangan lupa sajikan dengan nasi hangat dan lauk lainnya supaya tambah nikmat.

Leave a Reply